Manajemen Produksi

MANAJEMEN PRODUKSI
Pengertian Produksi
Istilah manajemen prduksi yang telah banyak dipakai secara meluas, dipandang kurang mencangkup seluruh kegiatan sistem-sistem produktif dalam masyarakat ekonomi kita. Istilah produksi tamapaknya berkonotasi sebagai organisasi produk, oleh karna itu istilah yang lebih umum yaitu oprasi. Oprasi adalah suatu proses yang mentransformasi bahan baku menjadi barang setengah jadi atau  barang jadi sehingga mampu dikonsumsi dan menimbulkan economy value add (Rudihardjo,2001).
Ruang Lingkup Manajemen Produksi
Justifikasi pada pelaksanaan kegiatan sistem oprasi yang produktif dapat dilakukan berdasarkan beberapa karakeristik sebagai berikut:
1.       Efesien, yang menyangkup pengertian output persatuan input, seringkali disebut sebagai produktivitas dan diukur dalam satuan output yang dihasilkan perjam. Efesien berarti doing the thing right
2.       Evektivitas, yaitu mencangkup kebenaran dalam melakukan suatu proses. Sering dosebut doing the right thing.
3.       Kualitas, yang merupakan indikator yang menunjukan tingkat keberhasilan kinerja dari output.
4.       Tingkat keandalan dalam penyediaan output, yang berkaitan dengan waktu pengiriman kepada pelanggan.
5.       Fleksibilitas, menyangkut mudah tidaknya proses lain yang berbeda. Juga menunjukan kecepatan memberikan respon positif dalam pembuatan produk baru atau pembuatan volume output.
Perencanaan Produksi
Suatu bagian penting pada amanejmen oprasi adalah perencanaan produksi, yakni penetapan jenis dan jumblah sumber daya yang diperlukan untuk membuat produk. Perencanaan produksi yang baik meneyeimbangkan tujuan yang membutuhkan konflik: memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen sambil tetap mempertahankan biaya renadah, mempertahankan laba yang tinggi sambil tetap menjaga kesesuaian persediaan.
1.       Memilih Lokasi
sebuah keputusan penting yang harus ditetapkan terlebih dahulu dalam perencanaan produksi adalah penempatan fasilitas. Pemlihan lokasi berpengaruh terhadap biaya oprasi, harga produk, dan kemampuan bersaing perusahaan. Penempatan fasilitas dimana biaya pengiriman dan biaya lain-lain yang rendah merupakan bagian dari keberhasilan perusahaan.
2.       Arti Lokasi bagi perusahaan
Keputusan lokasi perusahaan atau tempat usaha merupakan faktor penting dalam pengambilan keputusan. Dua alasan penting tentang pemilihan lokasi adalah persaingan, dan biaya.

3.        Faktor Lokasi
Keputusan lokasi seringkali melibatkan serangan faktor yang dapat  dipengaruhi terhadap pendapatan, biaya, atau keduanya karena dapat pengaruh terhadap laba. Faktor lain yang berpengaruh terhadap laba tidak mudah untuk diukur adalah perimbangan perimbangan pemilihan lokasi. Beberapa faktor lokasi oprasi perusahaan dibahas dan dikelompokan dalam tiga katagori yaitu: Faktor Hubungan pasar, Faktor Biaya Untuk Fasilitas yang berwujud, Faktor-faktor tidak berwujud.


Sumber :  Anoraga,Pandji.2005.Pengantar Bisnis.Semarang :PT Rineka Cipta



Komentar

Postingan Populer