Tanggung Jawab Sosial Suatu Bisnis
Tanggung jawab sosial suatu bisnis
1.
Pengertian Etika bisnis
Etika bisnis merupakkan sesuatu yang makin lama makin penting peranannya
didalam masyarakat kita oleh karena proses modernisasi akan berlangsung makin
cepat dan makin merata.
Etika adalah ilmu atau pengetahuan tentang apa yang baik dan apa yang tidak
baik untuk dijunjung tinggi atau untuk diperbuat.
Etika bisnis adalah etika yang menyangkut tata pergaulan di dalam
kegiatan-kegiatan bisnis. Bisnis adalah kegiatan – kegiatan teratur melayani
suatu kebutuhan yang bersifat umum sambil memperoleh pendapatan.
Menurut etika yang baik itu adalah :
a.
Kejujuran
b.
Ketetapan
c.
Loyalitas
d.
Disiplin
2.
Pengaruh kegiatan bisnis dengan perubahan
sosial.
Kegiatan bisnis adalah salah satu kegiatan pembangunan yang amat luas
dimensinya . salah satunya adalah penerapan ilmu pengetahuan ilmu pengetahuan
dan teknologi dalamkegiatan produksi , baik pada produksi bahan mentah setengah
jadi , dan barang jadi , maupun produksis jasa yang sifatnya intangible.
Didalam proses prsuksi terjadi pemanfaatan sumber daya alam, sumber daya modal,
dan sumber daya manusia . selain itu kegiatan bisnis tidak terlepas dari
kegiatan menjual barang yang telah diproduksi tersebut untuk memperoleh
keuntungan.
Salah satu aspek yang sangat populer dan perlu mendapat perhatian dalam
dunia bisnis kita sekarang ini adalah perlunya etika dan moral bisnis.
Etika bisnis selain menjamin dapat menjamin kepercayaan dan loyalitas dari
semua unsur yang berpengaruh pada perusahaan , juga sangat menentukan maju atau
mundurnya perusahaan. Zimmerer etika bisnis adalah suatu kode etik perilaku
pengusaha berdasarkan nilai-nilai moral dan norma yang dijadikan tuntutan dalam
membuat keputusan dan dalam memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi .
Etika , aslinya adalah suatu komitmen untuk melakukan apa yang benar dan
menghindari apa yang salah.
Etika bisnis sangat penting untuk mempertahankan loyalitas stake holder
dalam membuat keputusan – keputusan perusahaan dan dalam memecahakan persoalan
perusahaan. Mengapa demikian ? karena , semua keputusan perusahaan sangat
memepengaruhi dan dipengaruhi oleh stake holders. Stakehoders adalah semua
individu atau kelompok yang berkepentingan dan berpengaruh terhadap perusahaan.
Ada dua stakes holder yang berpengaruh terhadap perusahaan :
a.
Internal stake holders
b.
External stake holders
A.
Internal Stake Holders :
a.
Investor
b.
Karyawan
c.
Manajemen
d.
Pimpinan perusahaan
B.
Exsternal Stake Holders :
a.
Pelanggan
b.
Asosiasi pedagang
c.
Kreditor
d.
Pemasok
e.
Pemerintah
f.
Masyarakat umum
g.
Kelompok khusus yang berkepentingan terhadap
perusahaan
Menurut Zimmerer ada 8 kelompok stake holders
yang mempengaruhi keputusan-keputusan bisnis :
1.
Para pengusaha / mitra usaha
2.
Petani dan pemasok bahan baku
3.
Organisasi pekerja
4.
Pemerintah
5.
Bank
6.
Investor masyarakat umum
7.
Pelanggan dan konsumen
3.
Prinsip – Prinsip Etika dan Perilaku Bisnis
Menurut pendapat Michael Joseph yang dikutip oleh Zimmerer , secara
universal ada 10 prinsip etika yang mengarahkan perilaku:
1.
Kejujurab
2.
Integritas
3.
Memelihara janji
4.
Kesetiaan
5.
Kewajaran/ keadilan
6.
Suka membantu orang lain
7.
Hormat kepada orang lain
8.
Kewarganegaraan yang bertanggung jawab
9.
Mengejar keunggulan
10. Dapat dipertanggung jawabkan
4.
Cara – Cara Mempertahankan Standa Etika
1.
Ciptakan kepercayaan perusahaan
2.
Kembangkan kode etik
3.
Jalankan kode etik secara adil dan konsisten
4.
Lindungi hak perorangan
5.
Adakan pelatihan etika
6.
Lakukan audit etika secara periodik
7.
Pertahankan standar yang tinggi tentang
tingkah laku , jangan hanya aturan
8.
Hindari contoh etika yang tercela setiap saat
9.
Siptakan budaya yang menekankan komunikasi
dua arah
10. Libatkan karyawan dalam mempertahankan standar etika.
5.
Tanggung jawab perusahaan
Menurut Zimmerer ada beberapa pertanggung jawaban perusahaan :
1.
Tanggung jawab terhadap lingkungan
2.
Tanggung jawab terhadap karyawan
3.
Tanggung jawab terhadap pelanggan
4.
Tanggung jawab terhadap investor
5.
Tanggung jawab terhadap masyarakat
6.
Pertimbangan etika dan Tanggung Jawab Sosial
dalam mengelola perusahaan
Hubungan yang harmonis , saling menghargai
dan saling menguntungkan harus didasarkan pada pertimbangan etika dan rasa
tanggung jawab kepada masyarakat yang dalam konteks bisnis dikenal sebagai
tanggung jawab sosial . Dalam menjalankan kegiatannya perusahaan dikehendaki
untuk melakukan kegiatan secara etis dan mempertimbangkan masalah pertanggung
jawaban sosial . Berbagai contoh dapat ditunukkan untuk membuktikan bahwa
apabila perusahan tidak mempertimbangkan etika dan tanggung jawab sosial ,
kegiatan perusahaan akan sangat merugikan masyarakat .
7.
Teori –teori yang menjadi dasar pemikiran
etis .
Beberapa teori atau pemikiran , telah
berkembang sejak beberapa abad yang lalu yang menerangkan tentang landasan-
landasan pemikiran yang perlu dipertimbangkan untuk mengambil keputusan dalam
kehidupan sehari-hari , dalam melaksanakan kebijakkan perusahaan dan dalam
pemerintahan . Teori atau pandangan yang terutama adalah:
a.
Pendekatan Utilitarian : pemikiran yang
berpendapat bahwa sesuatu tindakkan dipandang baik apabila jumlah orang yang
memperoleh keuntungan jeauh lebih beasar dari pada yang menderita kerugian
b.
Pendekatan perilaku : dua prinsip perlu
digunakan sebagaidasar bertindak , yang pertama adalah niat yang baik sebagai
dasaruntuk menjalankan berbagai tindakan . Yang kedua ialah tindakan harus
didasarkan kepada peraturan yang universal , yaitu berlaku kepada siapapun
tanpa membuat pembedaan .
c.
Pendekatan hak individu : pada dasatrnya
pendekatan ini berpendapat bahwa setiap keputusan yang dibuat harus menghormati
hak-hak individu , asal saja tinbdakan individu tersebuit sesuai dengan undang
– undang yang berlaku .
d.
Pendekatan keadilan : pendekatan ini
menekankan tentang perlunyan menggunakan prinsip keadilam dalam mengambil
keputusan . sesuai dengan prinsip ini setiap orang harus diperlakukan sama dan
memperoleh kesempatan yang sama.
e.
Pendekatan Islam : dalam falsafah etika
islam, terdapat lima prinsip yang perlu diperhatikan , yaitu : kesatuan , kesamaan,
keinginan , tanggung jawab dan kemurahan hati.
8.
Pertimbangan etika dalam pengambilan
keputusan perusahaan
Dalam menjalankan kegiatan usaha , para
manajer perlu mempertimbangkan beberapa prinsip tertentu . Yang terutama adalah
:
a.
Bersaing secara adi dan jujur
b.
Hubungan antara sesama pekerja dan pihak lain
yang dekat denga perusahaan harus transparan
c.
Tidak menimbulkan kesusahan pada orang lain
Disamping itu perlu diingat bahwa kelakuan
beretika dapat berbeda dalam masyarakat yang berbeda. Perbedaan tersebut dapat
bersumber dari faktor berikut :
a.
Perbedaan budaya
b.
Tingkat pengetahuan yang berbeda
c.
Kelakuan organisasi yang berbeda
9.
Beberapa Aspek ditempat kerja
Menggalakkan beberapa sikap yang beretika
ditempat kerja dapat membantu mewujudkan hubungan yang harmonis diantara para
pekerja . pada akhirnya perusahaan akan memperoleh manfaat dari sikap ini .
manfaatnya antara lain adalah produktivitas masalah kegiatan yang tak beretika
yang selalu timbul. Faktor penting menimbulkannya adalah :
a.
Persaingan ketat
b.
Iklim organisasi
c.
Perbedaan nilai etika diantara pegawai
Untuk mengatasi masalah yang kwgiatan tak beretika dalam perusahaan , para
menejer harus berlaku tegas dalam menanganinya. Prinsip-prinsip yang tidak etis
bukan saja berlaku dikalangan pegawai , tetapi juga dikalangan manajer dan
dikalangan pimpinan yang lebih tinggi. Lembaga-lembaga pemerintah perlu
mengawasi penyimpanan tersebut dan kalau perlu mwnghukumnya sesuai dengan
undang-undang atau peraturan yang berlaku.
10. Tanggung jawab sosial perusahaan
Dalam usahanya mencari keuntungan sering
sekali perusahaan melupakan efek dari tindakannya kepada pihak lain dan kepada
masyarakat pada keseluruhannya. Pada masa lalu tindakan seperti ini telah
menimbulkan berbagai macam kerugian kepada masyarakat.timbul kritik terhadap
cara mereka mengelola perusahaan dan pada masa ini para manajer digalakan untuk
memperhatikan tanggung jawab sosial mereka. Hal-hal yang perlu diperhatikan
perusahaan dalam melaksanakan tanggung jawab sosialnya adalah :
a.
Memperhatikan kepentingan masyarakat umum
b.
Menjaga kelestarian lingkunga alam disekitar
kita
c.
Menjaga kepentingan dan kesejahteraan pekerja
d.
Menjaga kepentingan konsumen
e.
Menjaga kepentingan pemegang saham
f.
Menjaga agar setiap tindakkan tidak menyalahi
undang-undang
Sumber :
Anoraga,Pandji.2005.Pengantar Bisnis.Semarang :PT Rineka
Cipta
Sukirno , Sadono . 2004. Pengantar Bisnis. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup
Komentar
Posting Komentar