Pemasaran

Pemasaran

A.      Pengertian pemasaran

American Marketing Association (AMA) mengidentifikasi pemasaran sebagai proses perencanaan dan pelaksanaan rencana penetapan harga, promosi , dan distribusi dari ide – ide , barang – barang dan jasa – jasa untuk menciptakkan petukaran yang memuaskan tujuan – tujuan individual dan organisasi .

B.      Pengertian manajemen pemasaran

Manajemen pemasaran adalah sebuah proses yang merencanakan dan melaksanakan konsep , penetapan harga, promosi dan distribusi gagasan , barang dan jasa untukm menghasilkan pertukaran yang memenuhi sasaran yang sudah ditetapkan baik menurut perorangan dan organisasi.
Ada delapan keadaan permintaan yang berbeda dan tugas – tugas yang harus dilakukan manajer pemasarn sebagai berikut :

1.       Permintaan negatif
Suatu pasar berada dalam keadaan permintaan negatif jika sebagian besar dari pasar tersebut tidak menyukai produk atau bahkan mungkin bersedia membayar atau menghapus produk itu.


2.       Tidak ada permintaan

Para “ konsumen target “ mungkin saja tidak tertarik atau tidak mengacuhkan produk tersebut.

3.       Permintaan terpendam

Sejumlah konsumen mungkin mempunyai kebutuhan yang kuat yang tidak dapat dipuaskan oleh produk yang telah ada.

4.       Permintaan yang menurun

Setiap organisasi , cepat atau lambata akan mengalami mrngslsmi prnurunan permintaan terhadap atu atau lebih produksinya.

5.       Permintaan yang tidak beraturan
6.       Permintaan penuh
7.       Permintaan yang berlebihan
8.       Permintaan yang tidak sehat

C.      Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen adalah segala kegiatan / tingkah laku yang diperbuat oleh konsumen yang ditunjukkan melalui pencarian , pembelian, penggunaan, pengevaluasian , penentuan produk atau jasa yang mereka harapkan dapat memuaskan kebutuhan mereka.

D.      Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah wujud rencana yang terarah dibidang pemasaran, untuk memperoleh suatu hasil yang optimal.Strategi pemasaran mengandung dua faktor yang terpisah tetapi berhubungan erat , yakni :
a.       Pasar target / sasaran : dustu kelompok konsumen yang homogen , ayng merupakkan “sasaran” perusahaan.
b.      Bauran pemasaran yaitu variable- variable pemasaran yang dikombinakasikan perusahaan untuk memperoleh hasil yang maksimal.


E.       Daur Hidup Produk

Konsep daur hidup produk adalah suatu upaya untuk mengenali berbagai tahap yang berbeda dalam sejarah penjualan suatu produk.

F.       Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran adalah variable – variable yang dapat dikendalikan oleh perusahaan yang terdiri dari produk , harga , distribusi dan promosi.

G.     Pemasaran Internasional

Pada masa sekarang perusahaan tidakdapat lagi hanya memusatkan perhatian pada pasara domestik saja, betapapun besarnya pasar ini . banyak industri yang merupakkan industri dunia , dan perusahaan yang beroperasi secara global akan mempunyai merek dan biaya yang lebih rendah kemasyuran merek yang lebih luas.
               
                Ada beberapa langkah yang dapat ditempuh oleh manajer pemasaran untuk memasuki lingkungan pemasaran internasional :
1.       Memahami lingkunan pemasaran internasional
2.       Perisahaan harus mempertimbangkan berapa besar porsi penjualan di pasar asing terhadap sasaran total penjualanannya
3.       Memutuskan pasar- pasar mana saja yang akan dimasuki
4.       Perusahaan harus memutuskan cara memasukki pasar- pasar tersebut
5.       Memusatkan sejauh mana produk, promosi , harga dan distribusi perlu disesuiakan dengan pasar – pasar asing secara individu
6.       Perusahaan harus membangn organisasi yang efektif untuk menyelengarakan pemasaran internasional.




Sumber :  Anoraga,Pandji.2005.Pengantar Bisnis.Semarang :PT Rineka Cipta


Komentar

Postingan Populer