Pemasaran
Pemasaran
A.
Pengertian
pemasaran
American Marketing Association (AMA)
mengidentifikasi pemasaran sebagai proses perencanaan dan pelaksanaan rencana
penetapan harga, promosi , dan distribusi dari ide – ide , barang – barang dan
jasa – jasa untuk menciptakkan petukaran yang memuaskan tujuan – tujuan
individual dan organisasi .
B.
Pengertian
manajemen pemasaran
Manajemen pemasaran adalah sebuah proses yang
merencanakan dan melaksanakan konsep , penetapan harga, promosi dan distribusi
gagasan , barang dan jasa untukm menghasilkan pertukaran yang memenuhi sasaran
yang sudah ditetapkan baik menurut perorangan dan organisasi.
Ada delapan keadaan permintaan yang berbeda
dan tugas – tugas yang harus dilakukan manajer pemasarn sebagai berikut :
1.
Permintaan negatif
Suatu pasar berada dalam keadaan permintaan negatif jika sebagian besar
dari pasar tersebut tidak menyukai produk atau bahkan mungkin bersedia membayar
atau menghapus produk itu.
2.
Tidak ada
permintaan
Para “ konsumen target “ mungkin saja tidak tertarik atau tidak mengacuhkan
produk tersebut.
3.
Permintaan
terpendam
Sejumlah konsumen mungkin mempunyai kebutuhan yang kuat yang tidak dapat
dipuaskan oleh produk yang telah ada.
4.
Permintaan
yang menurun
Setiap organisasi , cepat atau lambata akan mengalami mrngslsmi prnurunan
permintaan terhadap atu atau lebih produksinya.
5.
Permintaan
yang tidak beraturan
6.
Permintaan
penuh
7.
Permintaan
yang berlebihan
8.
Permintaan
yang tidak sehat
C.
Perilaku
Konsumen
Perilaku konsumen adalah segala kegiatan /
tingkah laku yang diperbuat oleh konsumen yang ditunjukkan melalui pencarian ,
pembelian, penggunaan, pengevaluasian , penentuan produk atau jasa yang mereka
harapkan dapat memuaskan kebutuhan mereka.
D.
Strategi
Pemasaran
Strategi pemasaran adalah wujud rencana yang
terarah dibidang pemasaran, untuk memperoleh suatu hasil yang optimal.Strategi
pemasaran mengandung dua faktor yang terpisah tetapi berhubungan erat , yakni :
a.
Pasar target
/ sasaran : dustu kelompok konsumen yang homogen , ayng merupakkan “sasaran”
perusahaan.
b.
Bauran
pemasaran yaitu variable- variable pemasaran yang dikombinakasikan perusahaan
untuk memperoleh hasil yang maksimal.
E.
Daur Hidup
Produk
Konsep daur hidup produk adalah suatu upaya
untuk mengenali berbagai tahap yang berbeda dalam sejarah penjualan suatu
produk.
F.
Bauran
Pemasaran
Bauran pemasaran adalah variable – variable
yang dapat dikendalikan oleh perusahaan yang terdiri dari produk , harga ,
distribusi dan promosi.
G.
Pemasaran
Internasional
Pada masa sekarang perusahaan tidakdapat lagi
hanya memusatkan perhatian pada pasara domestik saja, betapapun besarnya pasar
ini . banyak industri yang merupakkan industri dunia , dan perusahaan yang
beroperasi secara global akan mempunyai merek dan biaya yang lebih rendah
kemasyuran merek yang lebih luas.
Ada beberapa langkah
yang dapat ditempuh oleh manajer pemasaran untuk memasuki lingkungan pemasaran
internasional :
1.
Memahami
lingkunan pemasaran internasional
2.
Perisahaan
harus mempertimbangkan berapa besar porsi penjualan di pasar asing terhadap
sasaran total penjualanannya
3.
Memutuskan
pasar- pasar mana saja yang akan dimasuki
4.
Perusahaan
harus memutuskan cara memasukki pasar- pasar tersebut
5.
Memusatkan
sejauh mana produk, promosi , harga dan distribusi perlu disesuiakan dengan
pasar – pasar asing secara individu
6.
Perusahaan
harus membangn organisasi yang efektif untuk menyelengarakan pemasaran
internasional.
Sumber :
Anoraga,Pandji.2005.Pengantar
Bisnis.Semarang :PT Rineka Cipta
Komentar
Posting Komentar